LOMBA TARI KREASI PG-PAUD UMPO 2018

Tari kreasi baru tradisional merupakan kegiatan yang diadakan oleh  Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Lomba tari ini merupakan rangkaian lomba dalam pekan FKIP 2018. Tari Kreasi Baru Tradisional kali ini mengusung tema “Warna-warni PG-PAUD Dalam Menumbuhkan Kreativitas”. Tari kreasi baru ini dialaksanakan pada tanggal 15 Februari 2018 lalu bertempat di Dome Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan. Diikuti 21 kelompok siswa SMA atau Sederajat dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Dalam satu kelompok terdiri atas 3-5 orang. Dalam sambutan pembukaannya Dekan FKIP Drs. Jumadi M.Pd yang menyampaikan bahwa anak muda saat ini sangat banyak bakat dan potensinya. Maka dalam momentum seperti ini mereka dapat mengukur sejauh mana kompetensi mereka apabila bersaing dimasyarakat.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali penampilan tari menarik adik Sidnan dari SD Muhammadiyah 1 Ponorogo. Aksinya cukup memukai ratusan penonton yang hadir, karena ternyata sudah 43 piala yang diraih diusia 6 tahun. Penonton juga dibuat kagum dengan kostum para peserta yang memang beragam dan sangat kreatif. Ada yang membawa dipan tempat tidur, atraksi drama musical hingga ada yang bergaya ala pantomim.

Dalam penampilan kompetisi semua kelompok terlihat unggul dan memiliki ciri khas masing-masing. Hingga ketiga juri kesulitan dalam memilih siapa juara pertamanya. Melalui debat yang begitu hangat dan saling objektif maka diputuskan juara I diraih oleh Dapur seni Probo Wengker dengan nama tarian “Dalang Karahinan” juara II Solah Wetan “Tari Pasrean”, Juara III Door Anom “Tari Jepaplok” Harapan I Kompesen Karso Yudho “ Lara Kunjana Papa”, Harapan II SMK PGRI 1 Ponorogo“ Ombyak Suran”, Harapan III Sanggar Purnomo Nuswantari “Lampor”, dan Kategori Kostum terbaik diraih oleh Gembong Galing dengan nama tarian Gembong Galing.

Selain lomba tari oleh PG-PAUD, pekan FKIP 2018 ada beberapa lomba yang digelar oleh 4 program studi. Lomba Pidato Kebangsaan dari program studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn), English Talent (News reading dan Story telling) dari program studi Bahasa Inggris, desain poster dari program studi Matematika. (Nunung Agustin 2017)

 

 

Leave a Reply

Name *
Email *
Website