VISI KEILMUAN PG PAUD

VISI KEILMUAN

Mengembangkan pembelajaran dan seni anak usia dini berbasis keislaman dan kearifan lokal untuk menghasilkan lulusan yang profesional


KATA KUNCI VISI KEILMUAN

  • Kata kunci yang pertama yaitu Islami, yang berarti bahwa dalam setiap aktivitas dalam menerapkan tridharma perguruan tinggi menanamkan nilai-nilai islam yang menjadi keunggulan prodi, sehingga lulusan akan mampu berdaya saing dengan pembeda yaitu memiliki nilai-nilai keislaman dalam mendidik anak usia dini.
  • Kata kunci yang kedua yaitu kearifan lokal, menunjukkan bahwa dalam setiap aktivitas tridharma perguruan tinggi dan dalam mengembangkan pembelajaran dan seni prodi mengunggulkan kearifan lokal terutama kearifan lokal Ponorogo. Hal ini juga merupakan penciri dari prodi PG PAUD UMPO.
  • Kata kunci terakhir dari rumusan visi tersebut profesional, yang berarti bahwa program studi PG PAUD UMPO akan menghasilkan lulusan yang ahli dibidangnya yaitu pendidik anak usia dini dengan mengedepankan sikap dan kode etik sebagai seorang pendidik

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan calon tenaga pendidik yang profesional, ceria dan berwawasan luas dalam mendidik anak usia dini yang berkarakter Islami;
  2. Menghasilkan pengembang pendidik anak usia dini yang profesional, inovatif, dan berkarakter Islami;
  3. Membina dan meningkatkan kualitas tenaga kependidikan yang bergerak dibidang pendidikan anak usia dini;
  4. Melakukan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran agar menghasilkan inovasi bidang pendidikan anak usia dini berlandaskan nilai keislaman.
  5. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk layanan anak usia dini yang berkolaborasi dengan lembaga-lembaga penyelenggara PAUD.
  6. Menghasilkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan guru anak usia dini.

Strategi pencapaian tujuan PS

  1. Tahap adaptasi 2014-2016: Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini mampu menghasilkan calon pendidik anak usia dini yang profesional, ceria dan Islami yang unggul wilayah kabupaten Ponorogo.
  2. Tahap internalisasi 2016-2020: Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini mampu menghasilkan calon pendidik anak usia dini yang profesional, ceria dan Islami yang unggul di wilayah Bakorwil Madiun.
  3. Tahap aktualisasi 2020-2024: Menjadi 20 besar prodi unggul di Jawa Timur yang menghasilkan calon pendidik yang profesional dan islami dengan mengunggulkan nilai kearifan lokal.
  4. Tahap transformasi 2024-2032: Menjadi 10 besar prodi unggul di Jawa Timur yang menghasilkan calon pendidik yang profesional dan islami dengan mengunggulkan nilai kearifan lokal.
  5. Tahap inovasi berkelanjutan 2032-2036: Menjadi 5 besar prodi unggul di Jawa Timur yang menghasilkan calon pendidik yang profesional dan islami dengan mengunggulkan nilai kearifan lokal.